MASIGNCLEAN101

METAFISIKA SERI FILSAFAT

Sifat manusia selalu mencari jawaban yang diharapkan paling tuntas. Tetapi sebenarnya ia tidak pernah menemukan jawaban seperti itu. Sepertinya jawaban yang paling tuntas itu pada pengalaman spiritual, pada ibadah yang bersifat esoterik, tetapi sebenarnya tidak. Mereka hanya menemukan rasa tenteram, tenang, yang lahir dari ketidaktahuan.

Metafisika juga merupakan usaha menjawab pertanyaan manusia. Metafisika menjanjikan kebijaksanaan, yang kadangkala tidak dapat dipisahkan dari ketidaktahuan. Metafisika berangkat dari ketidaktahuan (dalam bentuk pertanyaan) dan kembali kepada ketidaktahuan (dalam bentuk kearifan, kebijaksanaan).

Filsafat (dan metafisika) pada umumnya mau mengantarkan manusia kepada (mempertanyakan) kehidupan. Sebuah kearifan kuno menandaskan : "Hidup yang tidak digugat tidak layak dihayati". Gugatan ini tidak sekedar menggugat, tetapi mengangkat segi-segi kehidupan yang tidak dilihat sebelumnya oleh orang lain atau oleh ilmu lain.

Kearifan muncul dari usaha meneliti kehidupan dengan serius dan seksama, tetapi tetap mengakui bahwa hidup bukan tanpa misteri. Manusia yang sungguh bergulat dengan kehidupan akan menjadi sadar akan misteri kehidupan dan keterbatasan dirinya, dan dengan demikian ia mampu menempatkan diri. Inilah yang disebut kearifan atau kebijaksanaan.
METAFISIKA


[Sumber : https://mobile.facebook.com/belajar.filsafat ]
Share This :
Apradiz Renfaan

Penikmat Kopi dan Teh