MASIGNCLEAN101

JENIS-JENIS DATABASE DAN KEGUNAANNYA

Database adalah sekumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat di olah dan dimanipulasi dengan aplikasi tertentu sehingga bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Di bawah ini ada beberapa jenis database dan keunggulan database tersebut.  Berikut ini adalah daftar jenis-jenis teknologi database, yang sebagian besar merupakan Relational Database Management System (RDBMS):
DATABASE DAN KEGUNAANNYA

MySQL, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Oracle (sebelumnya Sun dan MySQL AB). Merupakan pengolah database yang paling banyak digunakan di dunia dan lazim diterapkan untuk aplikasi web. Database mysql memang banyak di gunakan sekarang bahkan facebook juga menggunakannya.
SQLite, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh D. Richard Hipp. Dikenal sebagai pengolah database yang sangat kecil ukuran programnya, sehingga lazim ditanamkan di berbagai aplikasi komputer, misalnya di web browser. Database jenis ini juga biasanya digunakan oleh orang untuk aplikasi android.
Microsoft SQL Server, merupakan aplikasi pengolah database yang dikembangkan oleh Microsoft dan bersifat proprietary (komersial),namun tersedia juga versi freeware-nya. Lazim digunakan di berbagai versi Microsoft Windows. Database ini hampir sama dengan mysql tapi masih mudah mysql dalam pembuatannya.
Oracle, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat proprietary (komersial), dikembangkan oleh Oracle Corporation. Pengolah database ini terbagi dalam beberapa varian dengan segmen dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Database jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang besar karena database ini sangat mahal.
IBM DB2, merupakan aplikasi pengolah database yang dikembangkan IBM secara proprietary (komersial). DB2 terbagi menjadi 3 varian, yaitu DB2 untuk Linux – Unix – Windows, DB2 untuk z/OS (mainframe), dan DB2 untuk iSeries (OS/400).
PostgreSQL atau Postgres, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh PosgreSQL Global Development Group. Tersedia dalam berbagai platform sistem operasi seperti Linux, FreeBSD, Solaris, Windows, dan Mac OS.
MongoDB, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh 10gen. Tersedia untuk berbagai platform sistem operasi dan dikenal telah digunakan oleh situs Foursquare, MTV Networks, dan Craigslist.
WebDNA, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat freeware, dikembangkan oleh WebDNA Software Corporation. Didesain untuk digunakan di web.
Apache Derby (sebelumnya dikenal sebagai IBM Cloudscape), merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Lazim digunakan di program Java dan untuk pemrosesan transaksi online.
Sybase, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat proprietary (komersial), dikembangkan oleh SAP. Ditargetkan untuk pengembangan aplikasi mobile.
CouchDB, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Difokuskan untuk digunakan di server web.
Redis, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Salvatore Sanfilippo (disponsori oleh VMware. Difungsikan untuk jaringan komputer.
Firebird, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Firebird Project. Lazim dijalankan di Linux, Windows dan berbagai varian Unix.
Share This :
Apradiz Renfaan

Penikmat Kopi dan Teh

avatar

kalo gojek pada database apa ya?

8 October 2015 at 10:51
avatar

Sybase atau Oracle klo g salah.

13 October 2015 at 16:27
avatar

Kalau wifi apa ada databesnya......?

22 February 2016 at 21:21
avatar

my sql aplikasi pengolahnya apa ya???

18 May 2016 at 20:21
avatar

kalau IBM DB2 suport php nggak min ?

4 September 2017 at 21:27
avatar

terimakasih telah berbagi ilmu

http://blog.binadarma.ac.id/irman_effendy

13 December 2017 at 15:47
avatar

Kalo program dekstop menggunakan apa yaa databasenya??

9 May 2018 at 15:13
avatar

Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. Sekarang saya sudah mengerti tentang database dan jenis - jenisnya. Termiakasih

Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di :
ahmadsi2b.blogspot.co.id

dan kunjungi pula :
www.atmaluhur.ac.id

Terimakasih.

25 July 2018 at 10:44
avatar

Artikel ini sangat bermanfaat sekali kak. Jangan lupa mampir ya kak kalo butuh layanan VPS murah maxserver.co.id
Penyedia VPS Murah

Terima kasih

26 March 2020 at 13:58