MASIGNCLEAN101

ANALISIS PADA WEBSITE TOKOPEDIA.COM

ANALISIS TOKOPEDIA.COM
TOKOPEDIA.COM


1.      Proses bisnisnya
       Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini ingin memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah.
A.  Apa yang dijual :
  • Latest Dink It!
  • Health & Beauty
  • Clothing & Fashion
  • Accessories & Jewelry
  • Mobile Phones & Tablets
  • Notebooks & Accessories
  • PC & Accessories
  • Home & Office
  • Gifts & Stationery
  • Electronics
  • Baby
  • Toys & Hobbies
  • Otomotif
  • Foods & Beverages
  • Sports
  • Books
  • Softwares
  • Movies, Music & Games
  • Everything Else


B.  Bagaimana cara menjualnya (COD, kartu kredit, e-currency).
  1. ClickPay (bank mandiri)
  2. KlikPay (bank BCA)
  3. Tranfer via ATM
  4. Kartu Kredit
  5. Pakai Paypal, Ipay,
  6. Langgsung.

Pembayaran bisa lakukan melalui Transfer ATM, setoran tunai, e-banking, maupun mobile-banking ke nomor rekening tokopedia.

2. Teknik marketingnya :
Tokopedia melakukan pembakuan nama domain dengan format  http://namatoko.tokopedia.com, yang menurun juga ke tautan produk-produknya menjadi http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product.  Dengan pembakuan tersebut toko-toko yang tidak memakai domainnya sendiri akan lebih terasa branding-nya.
Untuk memicu pertumbuhan toko-toko, Tokopedia menerapkan directory toko yang diurutkan berdasarkan volume penjualan. Selain itu diperkenalkan juga featured shop yang akan mendapat spot khusus di halaman depan maupun directory, tapi sayangnya tidak (belum?) ada ketentuan baku mengenai pemilihan featured shop ini. Kemudian Tokopedia juga mengklaim telah mengembangkan SEO mereka sehingga diharapkan halaman-halaman toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian lewat mesin pencari.
Penjual bisa melakukan promosi barang-barang secara bergantian untuk dipajang di halaman 1 Tokopedia. Caranya penjual bisa melakukan Klik tombol Dink It, yang disediakan. Barang yang di-Dink it, akan ditampilkan di halaman 1, selama satu jam. Penjual hanya bisa melakukan Dink it ini untuk satu jenis barang. Proses Dink it bisa dilakukan lagi oleh penjual yang sama setelah 2 jam kemudian. Bisa dengan barang yang sama atau barang yang lain.
Setelah memiliki bintang dalam jumlah tertentu sehingga bisa masuk daftar sebagai Featured Shop, penjual bisa mengikuti event-enent bazar yang digelar Tokopedia secara berkala. Namanya bazar maka barang yang diikutkan dalam bazar tersebut harganya harus didiskon. Barang yang diikutkan dalam bazar akan dipajang di halaman 1 Tokopedia.
Produk-produk yang dipajang di Tokopedia, bisa langsung dilinkkan ke wall Facebook dan Twitter penjual. Caranya sangat gampang.  Tinggal Klik logo Facebook dan Twitter lalu isi sandi masuk dan ijinkan Tokopedia bertaut dengan Facebook atau Twitter, maka secara otomatis produk akan diupload di dinding akun penjual.

3. Segmen pasar :
Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.
Menentukan produk dan program pemasarannya. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan, sikap serta tingkah laku mereka. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik. memberikan kepuasan secara optimal kepada konsumen, serta dalam suatu upaya yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga tujuan dapat tercapai.
  
4. Kelebihannya :
Proses transaksi antara penjual dan pembeli lebih aman karena setiap proses mengharuskan penjual dan pembelinya untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman hingga konfirmasi bahwa barang telah diterima. Banyak cara untuk melakukan promosi yang tidak membutuhkan biaya, mulai dari website gratis, search engine organizer,komunitas jejaring sosial hingga berbagai event yang diadakan oleh tokopedia untuk membantu membernya promosi. Jenis barang yang beragam, tokopedia adalah kumpulan beragam toko online yang menjual berbagai macam barang.

5. Kekuranganya :
karena sistem yang digunakan tergolong masih baru, penjual masih banyak yang tidak mengikuti aturan untuk mengirim barang terlebih dahulu setelah pembeli mengirimkan uang ke pihak tokopedia, karena masih memegang prinsip tidak ada uang, tidak ada barang.
·         barang yang dijual belum lengkap, dan tokpedia juga belum menerima etalase barang yang harganya 10juta keatas


Share This :
Apradiz Renfaan

Penikmat Kopi dan Teh

avatar

Menambahkan gan, soal segmen pembeli di tokped. Menurut saya pembeli di tokped lebih cenderung orang orang yg mencari barang2 murah meriah. Maksud saya sebut saja barang2 yg harga end usernya ga sampai 100 ribu. Singkatnya, pembeli di tokped itu rata2 adalah low end user. Bukan high end user. Jadi barang2 mewah ga bakal laku dijual di tokped.

19 November 2014 at 19:24
avatar

ok, gan di terima sarannya

20 November 2014 at 12:47
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Wah salah besar, bukanya penjualan HP di tokopedia laku keras yah ? Karna hp yg belum resmi masuk indonesia aja udah ready stok di tokopedia,

20 December 2015 at 10:03