MASIGNCLEAN101

MENGAMBIL DATA BERBEDA HOSTING DENGAN JSON

MENGAMBIL DATA BEDA HOSTING DENGAN JSON
Beberapa bulan terakhir ini selain berkubang dengan masalah yang harus diselesaikan, namun tidak mengurangi semangat untuk mencoba dan bertindak dengan semboyan tidak ada kata menyerah untuk mengejar cita-cita. Kali ini setelah GPS dan Google Map banyak trial error mengenai REST. REST merupakan singkatan bahasa Inggris dari representational state transfer atau transfer keadaan representasi, adalah suatu gaya arsitektur perangkat lunak untuk untuk pendistibusian sistem hipermedia seperti WWW. Untuk membuat REST saya coba menggunakan java dengan jsp menghasilkan war yang ditaruh di server tomcat. Namun, karena kesulitan mendapatkan server tomcat (hosting) gratis yang online. Saya berpindah menggunakan kolaborasi php+apache menggunakan Framework CodeIgniter dan dari Server REST saya mengasilkan XML REST dan JSON.

Karena beberapa bulan ini sedang getol trial error pemrograman Android saya tarik hasil JSON untuk digunakan di aplikasi Android. Alasan menggunakan JSON sebenarnya sederhana. Ketika saya menarik data berbeda hosting Misalkan dengan domain inwebsite.wordpress.com dengan localhost, format xml dapat digunakan secara lancar di dalam server lokal. Namun ketika file dikeluarkan dari server. Misalkan html memanggil data dari server REST maka yang bekerja adalah javascript sebagai pengganti bahasa server (ex:php). Syarat javascript mampu menarik data dari hosting lain ataupun online adalah format datanya yaitu JSON.

JSON merupakan singkatan, kepanjangannya adalah JavaScript Object Notation (bahasa Indonesia: notasi objek JavaScript). Sedangkan JSON sendiri adalah suatu format ringkas untuk pertukaran data komputer. Formatnya berbasis teks dan terbaca-manusia serta digunakan untuk merepresentasikan struktur data sederhana dan larik asosiatif (disebut objek). Format JSON sering digunakan untuk mentransmisikan data terstruktur melalui suatu koneksi jaringan pada suatu proses yang disebut serialisasi. Aplikasi utamanya adalah pada pemrograman aplikasi web AJAX dengan berperan sebagai alternatif terhadap penggunaan tradisional format XML.

Anda mungkin bertanya tanya katanya membuat aplikasi android kok jadinya HTML. Bagi yang suka membuat aplikasi Android pasti tahu atau pernah dengar kalau kita dapat membuat aplikasi android dengan HTML+Javascript+CSS. Yup! anda pasti bisa menduganya, saya menggunakan phonegap. Dan untuk mencoba pertama kali aplikasi android saya dapat menarik data JSON dari server online saya memanggil json dari situs jsontest.com. Yang perlu saya garis bawahi bila anda menarik data JSON dengan phonegap dari hosting online perhatikan versi jquery anda. Berikut ini contoh skrip yang sukses memanggil data dari jsontest.com.

//---------
(function() {
$.getJSON('http://headers.jsontest.com', function(data) {
  var items = [];

  $.each(data, function(key, val) {
items.push(' id="' + key + '">' + val + '</li>');
 });

  $('', {
    'class': 'my-new-list',
    html: items.join('')
  }).appendTo('body');
});
})();
//-------


Android  JSON
Android menggunakan JSON





Sumber : MENGAMBIL DATA BERBEDA HOSTING DENGAN JSON
Share This :
Apradiz Renfaan

Penikmat Kopi dan Teh