MASIGNCLEAN101

Jejaring sosial Sebagai Proses Belajar Dalam Dunia Pendidikan

Jejaring sosial Sebagai Proses Belajar Dalam Dunia Pendidikan
Jejaring sosial Sebagai Proses Belajar Dalam Dunia Pendidikan
   Dalam beberapa kesempatan dalam proses mengajar yang saya lakukan, sering saya menpublish link facebook ataupun twitter, linkedLin kepada para Mahasiswa. Ada sebagian yang beranggapan, Bapak ini suka kali main FB, kayak anak ABG saja. lain nya lagi buat apa kira-kira dalam proses kuliah, gomong-gomong prihal jejaring sosial. Daripada jelasin dalam kelas langsung, mendingan kita baca artikel berikut tentang Fungsi Jejaring Sosial untuk proses belajar.

  Perkembangan zaman di era globasisi menuntut berbagai perubahan dalam berbagai elemen kehidupan. Salah satunya dalam penyebaran informasi dan dalam mengakses informasi, kini menjadi hal yang cepat dan mudah. Perubahan ini tentu saja berdampak dalam kehidupan sehari-hari dikalangan masyarakat, baik itu dampak positif ataupun negatif tergantung masyarakat menggunakan dan memanfaatkannya.

 Penggunaan tekhnologi informasi yang sekarang menjadi trend di kalangan masrakat adalah penggunaan inertenet. Menurut wikipedia disebutkan,  Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, secara harfiah ialah sebuah sistem jaringan global komputer dunia dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

 Dalam dunia pendidikan, internet banyak dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Seperti dimanfaatakan untuk mencari bahan ajar, digunakan sebagai media pembelajaran, sebagai media dalam mengirim tugas, forum diskusi, dan lain sebagainya. Dikarenakan Internet mampu mengkomunikasikan informasi antar jaringan komputer yang terpisah jarak dan waktu, seringpula dimanfaatakan dalam kegiatan belajar jarak jauh (distance learning). Hal ini seperti yang dilakukan oleh Universitas Terbuka dalam mengkases perkuliahannya seringkali menggunakan sistem belajar jarak jauh yang memanfaakan tekhnologi internet. Kegiatan distance learning melalui internet ini disebut juga dengan elektronik learning (e-learning), sebagaimana dituturkan oleh Hartley, (2001) “E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain”.

Dalam distance learning, kegiatan belajar mengajar tidak selalu harus bertatap muka di ruangan kelas. Pertemuan antara siswa dan guru hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya. Hal ini terjadi dikarenakan siswa yang mengambil  kuliah secara distance learning memiliki kesibukan lain seperti telah berumah tangga dan telah memililki pekerjaan. Untuk mengontrol dan memeberikan pemahaman yang sesuai atau memberikan pengayaan, sebagai pengajar dosen seringkali berkunjung ke ruang kelas jarak jauh.

 Hambatan yang timbul dalam kegiatan mengajar distance learning adalah jarak yang jauh yang harus ditempuh oleh dosen/pengajar ketika hendak memberikan bimbingan terhadap siswanya, hal ini dinilai selain kurang efektif tapi juga kurang efisien. Terlalu mneita waktu dan menhabiskan dana yang lumayan besar. alternatif solusi yang bisa digunakan untuk permasalahn penganyaan dalam distance learning ini adalah dengan memanfaatkan e-learning sebagai pembelajaran yang menarik di era global dengan menggunakan media yang familiar oleh siswa yaitu jejaring sosial facebook.

Disisi lain, menurut Reza Syaeful (2007) : “e-learning menawarkan  kesempatan  akademis  yang  unik  untuk  memperluas  pengetahuan peserta didik dan bisa memanfaatkan berbagai fasilitas di internet yang ada”, jadi pemanfaatan e-learning menggunakan situs jejaring sosial facebook dapat dijadikan media pembelajaran yang menarik. Karena, memberikan akses kepada informasi online, juga tersedia jaringan dimana para  individu  dapat  saling berinteraksi dan fitur-fitur yang mendukung. Situs jejaring Facebook merupakan salah satu situs jejaring paling populer di indonesia, di mana Indonesia merupakan negara pengguna fafebook (FB) terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS). berdasarkan penelitian (TNS) Digital Life,  dari sekitar 30.000.000 orang pengguna internet di Indonesia, sekitar 87% penggunanya selalu mengunjungi jejaring sosial (FB dan twitter). Selain itu, pengguna/pengakses jejaring sosial terbesar di Indonesia adalah usia remaja.

Strategi yang bisa di lakukan untuk pengayaan dalam distance learning ini adalah metode pemberian tugas, metode diskusi, metode kerja kelompok, kegiatan memakai tutor sebaya dan pemodelan atau cara lain dapat menyuruh siswa membaca yang sesuai (Ade Suyitno, 2012). Berdasarkan hal itu maka facebook bisa di jadikan strategi alternatif dalam permasalahn mengontrol dan memeberikan pemahaman yang sesuai atau memberikan pengayaan pada para peserta distance learning. Adapun fitur-fitur facebook yang dapat di gunakan sebagai media pembelajaran adalah :

Wall facebook, fitur ini bisa digunakan sebagai papan informasi.
Facebook note, fitur ini bisa digunakan untuk membuat tulisan singkat atau handout perkuliahan.
Fiture chating, fitur ini bisa diginakan untuk mengobrol langsung dengan sesama pengguna facebook lainnya yang telah menjadi teman, selain itu  bisa menjadi media diskusi online
Facebook group, fitur ini bisa digunakan untuk komunitas peserta didik, kajian-kajian keilmuan, study club, dan mengontrol jumlah siswa/pebelajar yang mengikuti perkuliahaan atau pembelajaran secara distance learning.
Facebook quiz, dalam fitur atau fasilitas ini, bisa dioptimalkan oleh guru atau peserta didik untuk latihan materi untuk evaluasi pembelajaran lewat quiz online yang interaktif.
Facebook share, fitur ini bisa digunakan untuk men-share materi (tulisan singkat, link, gambar, video dsb).
Model pembelajaran yang bisa di gunakan dalam penerapannya yaitu pembelajaran Group Investigation dan TPS (think, pair and share). Adapun strategi yang bisa dipakai adalah:

Guru bisa berperan aktif dengan cara membuat grup yang berhubungan dengan mata pelajaran yang berkaitan. kemudian dapat mensosialisasikannya kepada peserta didik.
Dalam grup, guru bisa berbagi (sharing) materi dari situs web lainnya, baik itu berupa link, gambar dan video. hal ini untuk menambah bahan ajar buat siswa, ruang konsultasi, dan ringkasan materi pada note.
Dalam fasilitas games quiz bisa dijadikan media latihan/evaluasi dengan membuat latihan/quiz di facebook.
Sehingga pemnafaatan E-learning dengan menggunakan media situs jejaring sosial facebook di harapkan mampu menjadi media yang menarik, kreatif dan lebih mendekatkan guru  dengan peserta didiknya.  Sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan tercapainya ketuntasan belajar.

untuk menyukseskan model pembelajaran ini diperlukan partisipasi dari berbagai pihak terkait untuk meminalisir pengaruh negatif  penggunaan facebook  dan mampu meningkatkan manfaat facebook sebagai media pemebelajaran yang menarik dan kreatif.

Referensi

——-. 2009.  facebook sebagai media pembelajaran. tersedia: http://ade-suyitno.blogspot.com/2012/03/facebook-sebagai-media-kreatif-e.html. diakses tanggal 03 januari 2013

Cepi Riyana. 2006. Media Pembelajaran. Modul, Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung.

lestari, leli. 2011. PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH (PJJ). tersedia: http://lelilestari.blogspot.com/2011/12/pemanfaatan-e-learning-sebagai-sumber.html diakses tanggal  03 januari 2013

Suyitno, Ade. “Facebook Sebagai Media Kreatif E-Learning Untuk Pembelajaran Di Era Global”, Disampaikan Dalam Workshop Dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Dinamik7, April 2012. Di UPI, Bandung

Wikipedia. 2012. Internet. [online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Internet (11 desember 2012)

http://ciqwan.blog.unigha.ac.id/2014/09/27/jejaring-sosial-sebagai-proses-belajar-dalam-dunia-pendidikan/
Share This :
Apradiz Renfaan

Penikmat Kopi dan Teh

avatar

The Interior Designer is a plans, researches, coordinates, and manages the projects. Interior design is a multifaceted profession that includes conceptual development, space planning, site inspections, programming, research, communicating with the stakeholders of a project, construction management, and execution of the design.

Interior Designers in OMR

13 March 2018 at 17:46
avatar

I truly appreciate this post. I’ve been looking all over for this! Thank goodness I found it on Bing. You have made my day! Thanks again! Keep update more excellent posts..
Sharepoint Training in Chennai
PHP Training in Chennai
Android Training in Chennai
SAS Training in Chennai
AWS Training in Chennai

6 April 2018 at 14:06
avatar

I’m not sure where you’re getting your information, but good topic. I need to spend some time learning more or understanding more. Thanks for fantastic info I was looking for this information for my mission.
Journal Publication
Academic Journals
Art Journal
Academic Publishers
Journal Publishers

28 June 2018 at 13:16